Mau Modifikasi Calya Agar Lebih Keren? Ini Dia Tipsnya!

Anda sudah mulai bosan dengan tampilan standar Calya? Mau coba tampilan yang lebih keren? Memodifikasi mobil ini bisa menjadi salah satu solusi. Anda bisa melakukan modifikasi Calya, yang mana kendaraan berkategori LCGC ini mempunyai kompenen yang banyak atau part modifikasi aftermarket.

Pastinya sebelum melakukan pengubahaan, Anda harus tahu dulu kelebihan apa yang dimiliki oleh Toyota Calya. Jadi Calya ini memiliki ukuran yang compact untuk LMPV serta interior yang lapang. Mobil Calya bisa mengangkut hingga 7 penumpang. Tidak heran, jika mobil ini banyak digunakan untuk keluarga-keluarga baru yang baru kali pertama memiliki mobil, karena kapasitasnya yang familyable.

Bagaimana Supaya Modifikasi Calya Tampil Keren

Seperti image-nya yang merupakan mobil keluarga. Modifikasi tersebut bisa Anda lakukan dengan menyesuaikan dengan fungsinya. Hanya biar tidak terlihat standar dan tampak seperti taksi online. Buat Anda yang menginginkan tampilan beda dari Calya, bisa nih ikutin tips modifikasi di bawah ini. Perlu diperhatikan, saat melakukan modifikasi tetap prioritaskan kenyamanan dan keamanan ya.

Berikut ini tips modifikasi Calya jadi lebih keren dan tetap nyaman untuk keluarga.

1.      Pasang Peredam Suara

Saat hendak melakukan modifikasi Calya, pastikan Anda memperhitungkan kenyamanan sebelum berkendara. Salah satunya ini mengenai kebisingan mobil. Saat berada di jalan raya, pastinya tidak jarang banyak kendaraan lain yang menggunakan klaksonnya.

Semua suara yang ada di luar sana, bisa saja masuk ke dalam kabin mobil dan mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Makanya saat melakukan modifikasi Calya hitam ini Anda juga perlu memasang peredam suara. Supaya suara gangguan dari luar tidak bisa terdengar secara jelas hingga masuk dalam kabin.

Meskipun sebenarnya dalam mobil Calya pun sudah terdapat kekedapan suara dalam kabin, namun hasil dari pabrikan ini belum cukup baik untuk mengurangi kebisingan. Nah, buat Anda yang ingin perjalanan keluarga semakin nyaman tanpa gangguan. Salah satu caranya yaitu modifikasi Calya dengan memasang peredam suara.

Biasanya pada mobil Toyota Calya, peredam suara ini akan dipasang pada sekeliling pintu, bagasi belakang, atap, dan juga dasar lantai mobil. Jika Anda memutuskan untuk melakukan modifkasi pada bagian ini, Anda membutuhkan biaya kurang lebih Rp3-5 juta rupiah untuk kualitas menengah.

Pemasangan peredam suara ini bisa Anda atasi sendiri, yakni dengan menempelkan menggunakan perekat atau menjepitkan doortrim pintu mobil. Namun, jika tidak ingin ribet Anda bisa membawanya ke bengkel mobil dengan penanganan profesional.

Melakukan penambahan peredam pada mobil Calya ini sebenarnya memiliki kekurangan, yakni bobot mobil bisa jadi lebih berat. Tak hanya itu, apabila saat pemasangan tidak sesuai atau tidak pas, bisa membuat engsel pintu cepat aus dan rusak. Makanya, sebelum membeli peredam, pastikan dulu bobot dari peredamnya.

2.      Memodifikasi Pelek dengan Ukuran Pas

Selanjutnya, modifikasi Calya ini bisa Anda lakukan dengan melakukan penggantian pada pelek mobil. Terdapat banyak sekali pilihan motif pelek untuk Toyota Calya salah satunya motif HSR Wheel. Penggunaan pelek yang pas pun bisa membuat tampilan mobil tampak lebih keren dan elegan.

Sebelum melakukan penggantian, pastikan Anda pun mengetahui ukuran standar pelek Toyota Calya, yakni antara 13 – 14 inci dengan lebar 4 – 5 inci. Memang ukurannya cenderung lebih kecil, jadinya memberikan kesan terlihat seperti kebesaran dan menjadi tidak proporsional. Sehingga bodynya terkesan bongsor.

Nah, maka dari itu menggunakan pelek yang lebih besar ini menjadi solusi ampuh untuk mengatasi masalah body bongsor. Penggantian pelek dengan ukuran yang lebih besar ini bisa membuat mobil semakin proporsional dan bisa mengubah daya cengkram mobil dengan baik.

Salah satu Owner Pelek HSR Wheel, Hendra menyarankan untuk menggunakan ukuran proporsional pelek modifikasi Calya putih dengan menggunakan ring ukuran 16 inci. Anda juga bisa memilih berbagai tipe HSR Wheel yang sesuai seperti tipe ET42 BMF, ET40 SMB Red Lip, ET40 MB Reed Lip, dan ET42 Hyper Black dengan harga sekiar Rp7,5 juta.

3.      Pemasangan Kaca Film Tidak Terlalu Gelap

Pemasangan kaca film juga bisa modifikasi. Namun, dalam pemilihan kaca pun perlu Anda pertimbangkan. Hindari penggunaan kaca film yang gelap dan menyalahi aturan. Penggantian kaca film ada baiknya Anda sesuaikan dengan tingkat kebutuhan.

Fungsi pergantian kaca film ini lebih banyak untuk menghalau panas serta meredam pecahan kaca dengan maksimal. Artinya tidak perlu melakukan pemasangan dengan jenis yang terlalu gelap, hanya saja kualitasnya pastikan bagus.

Nah, agar lebih aman dan modifikasi lancar Anda bisa menggunakan kaca film sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan pada undang-undang. Sebelumnya pada peraturan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), tertulis himbauan mengenai pemasangan kaca film.

Kaca film yang diperbolehkan untuk dilakukan modifikasi yakni dengan presentase penembusan cahaya tidak kurang dari 70% bagian samping dan bagian belakang tidak kurang dari 40%. Tak hanya itu, pemilihan warna kaca film ini pun juga penting saat modifikasi Calya.

Anda bisa menggunakan pilihan warna kaca film kehijauan atau kecoklatan yang cocok untuk mobil Anda. Biar kesannya tidak seperti mobil taksi online yang berkaca putih Anda bisa menggantinya sesuai warna yang Anda kehendaki. Rata-rata untuk harga kaca film ini mulai dari Rp4 – 6 Juta.

4.      Berikan Aksesoris JDM

Berikunya Anda bisa menambahkan aksesoris tambahan sebagai pemanis. Salah satu aksesoris yang bisa Anda gunakan yakni Japanese Domestic Market atau yang sering dikenal dengan JDM. Aksesoris dari JDM ini banyak penggunanya, karena bisa membuat penampilan mobil menjadi lebih manis.

Buat Anda yang belum mengerti apa itu JDM, jadi aksesoris ini merupakan produk aksesoris yang memiliki aliran modifikasi yang lagi trend di Jepang kemudian di bawa ke Indonesia. Salah satu contohnya seperti sentuhan lampu foglamp dengan tambahan ala rally kuning.

Detail-detail dan aksesoris lain bisa Anda tambahkan seperti kamera parkir, pastinya ini penting sekali untuk mendongkrak suasana. Sekarang ini ada head unit modifikasi Calya silver dengan support kamera parkir. Anda bisa tinggal plug n play. Harganya berksar Rp300-600 ribu saja.

5.      Jangan Terlalu Banyak Aksesoris Lampu

Nah, yang terakhir ini berupa warning! Bagi Anda yang suka dengan antribut lampu-lampu, pastikan Anda tidak menggunakannya saat memodifikasi mobil Calya. Sebab modifikasi seperti ini kurang menarik jika Anda pasang.

Gunakan aksesoris lampu ataupun stiker dengan sewajarnya agar mobil kesayangan masih terlihat bagus dan elegan. Tidak ramai penuh dengan aksesoris yang mungkin tidak terlalu berfungsi dan sifatnya hanya sebagai hiasan.

7 Inspirasi Gambar Modifikasi Calya Terbaru

Berikut gambar inspirasi contoh modifikasi calya yang bisa Anda aplikasikan pada mobil Anda. Gambar berikut ini sudan kami filter dengan pilihan terbaik. Untuk itu tidak ada salahnya Anda pelajari terlebih dahulu.

Tidak mudah menemukan Gambar modifikasi mobil yang sesuai keinginan. Maka dari setelah perjalanan kesana-kemari kami temukan gambar terbaik yang ada di Instagram @calyasigra.galery anda bisa melihat juga langsung ke sana dan jangan lupa untuk Follow ya!

Image #1 modifikasi calya

Image #2 modifikasi calya

Image #3 modifikasi calya

Image #4 modifikasi calya

Image #5 modifikasi calya

Image #6 modifikasi calya

Image #7 modifikasi calya

Jadi, baiknya Anda menggunakan aksesoris yang memang dibutuhkan oleh mobil Anda. Sehingga menunjang performa dan kenyamanan mobil sebagai kendaraan keluarga.

Demikian informasi mengenai modifikasi Calya yang bisa Anda praktikkan. Calya salah satu mobil yang memiliki orientasi sebagai mobil keluarga, sehingga modifkasi yang dilakukan sebaiknya untuk kenyamanan keluarga. Salah satu caranya yakni dengan menggunakan jok mobil dengan material kulit supaya terasa lebih nyaman dan mudah dibersihkan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.