Modifikasi Brio Langkah Tepat Jadikan Mobil Lebih Elegan

Modifikasi Brio bisa jadi langkah tepat bagi Anda yang ingin mobilnya punya tampilan baru yang lebih segar. Honda Brio adalah city car yang lumayan menjamur di Indonesia. Ada banyak alasan yang membuat kendaraan ini melekat di hati masyarakat.

Salah satunya adalah konsep kendaraan low cost yang disiapkan oleh Honda. Tak cuma itu, desain dan performanya juga unggulan. Tak heran bila banyak yang menaruh hati pada kendaraan satu ini.

Karena mengusung konsep low cost, saat ini Brio sukses memuncaki pemasaran mobil kategori LCGC dan mengalahkan varian lain dari pesaingnya. Mobil Honda Brio menjadi target empuk untuk modifikasi.

Standar bawaannya saja sebenarnya sudah menarik. Apalagi keluaran yang terbaru. Desainnya hadir dengan konsep Fabulous, kental dengan kesan stylish trendi dan juga sporty. Bagaimana dengan interiornya? Tentu saja ini bukan hal yang patut Anda ragukan.

Untuk kategori city car, Brio punya bagasi yang luas. Fitur-fiturnya juga sangat menarik. Ada rem ABS+EBD serta dual Front SRS Airbags untuk menjamin keselamatan Anda selama berkendara.

Modifikasi Brio putih bukan perkara sulit. Tapi bukan berarti ini mudah dan bisa dilakukan dengan sembarang. Bodi awalnya sudah trendy dan stylish. Jika memerlukan modifikasi, tujuannya adalah ikut kontes, atau memang sekedar memenuhi hobi semata.

Karena bodynya yang sudah bagus, perubahan sekecil apa saja akan terlihat sangat jelas. Ketika perubahan Anda tepat, tentunya mobil tampak lebih gagah dan menawan. Sebaliknya, modifikasi yang tidak tepat akan membuat mobil tampak lebih buruk.

Maka dari itu, Anda harus cermat sebelum memulai tahapan modifikasi. Kalau sebatas hobi, Anda bisa menekuninya dengan serius. Ini bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan. APM atau Agen Pemegang Merk untuk Honda Brio sangat merespon modifikasi.

Sebagai bentuk respon positif tersebut, sering diadakan pameran khusus untuk memaerkan mobil tunggangan masing-masing. Barangkali Anda bisa berpartisipasi dan menjadi pemenang kontes, menarik bukan?

Tips Modifikasi Brio Untuk Performa Maksimal

Sudah dari lama modifikasi Brio digeluti banyak orang. Ada yang sekedar menyalurkan hobi, atau keperluan mengikuti kontes, atau hanya untuk mendapatkan performa yang lebih baik. Terlepas dari alasan tersebut, nyatanya kegiatan ini memang menyenangkan.

Berbicara tentang Brio modifikasi simple, kami punya beberapa inspirasi yang bisa Anda jadikan panduan. Berikut penjelasan detailnya.

  1. Modifikasi Velg

    Ada banyak sekali spare part atau komponen dari mobil Honda Brio yang bisa kita modifikasi. Salah satu produk yang tak pernah terlewatkan dari modifikasi adalah velg. Komponen kaki-kaki ini selalu jadi sasaran utama untuk modifikasi.

    Bukan cuma menambah nilai estetika, velg juga diperlukan untuk menunjang performa mobil. Karena jadi kebutuhan utama dalam modifikasi Brio, ada banyak sekali desain velg yang tersedia.

    Harganya tentu saja beragam. Umumnya, semakin ciamik desan velg maka harganya akan semakin tinggi.

    Modifikasi Brio
    Modifikasi Brio Image Source: IG @brio_lovers

  2. Body Kit

    Selain velg, komponen eskterior lain yang tak pernah terlewatkan dari modifikasi adalah penambahan body kit. Ada banyak sekali pilihan body kit, mulai dari add on ataupun swap. Masing-masingnya bisa Anda temukan di pasaran dengan mudah.

    Menambahkan body kit akan membuat Brio tampil berbeda. Biayanya memang mahal, tapi hasil akhirnya tentu membuat Anda berdecak kagum.

    Setelah menambahkan body kit, Anda bisa menyempurnakannya dengan menambahkan bumper, lips, side skirt atau diffuser. Perpaduan ini akan sempurna untuk menghasilkan Brio modif elegan.

    Image Source: IG @brio_lovers

  3. ECU Tuning

    Sejatinya, modifikasi Brio tidak selamanya harus mengganti atau menambahkan komponen. Anda bisa melakukan setting tertentu untuk mendapatkan performa yang maksimal. Misalkan saja ECU Tuning.

    Remap ECU atau ECU Tuning adalah proses untuk melakukan kalibrasi pada ECU mobil. Ini adalah proses setting ulang ECU dengan bantuan software atau program komputer tertentu. Tujuan utamanya adalah mendapatkan kebutuhan yang sesuai keinginan.

    ECU Tuning sudah disetting sedmikian rupa oleh pabrikan. Namun sayangnya, ini tidak membuatnya bekerja dengan maksimal. Tak heran apabila performa mobil belum keluar semuanya.

    Tujuan utama untuk setting ulang ECU Tuning ini adalah mendapatkan performa terbaik dengan meminta mesin mengeluarkan tenaga maksimalnya. Tapi sebelum itu, Anda harus paham dahulu apa saja dampak dari proses ini.

    Pertama, kemungkinan mobil Anda tidak menyala setelah melakukan remap ECU. Ini adalah resiko yang pasti. Maka dari itu, sebaiknya Anda mencari bengkel yang memang betul-betul ahli dalam proses setting ECU mobil. Kesalahan setting ECU akan membuat mobil Anda benar-benar mati total.

    Resiko lain yang terjadi akibat ECU Tuning adalah kemunculan masalah-masalah pada mobil Anda. Apabila ECU salah remap atau melebihi batasan yang wajar, maka banyak masalah yang akan muncul.

    Sekali lagi, Anda harus mengunjungi bengkel yang memang berpengalaman dalam hal setting atau remap ECU supaya resiko menakutkan seperti ini bisa terhindari.

  4. Modifikasi Jok

    Interior mobil turut menjadi komponen yang tak luput dari modifikasi Brio. Ada banyak sekali modifikasi yang bisa Anda lakukan terhadap interior, salah satunya mengganti material jok menjadi lebih baik.

    Brio hadir dengan material jok fabric. Ini adalah material bawaan pabrikan. Kesannya memang nyaman dan elegan, namun sayang material fabrikan lebih mudah kotor. Sehingga banyak orang mengeluhkan hal tersebut.

    Solusinya, Anda bisa mengganti material jok dengan kulit sintetis. Ini akan lebih baik, harganya juga masih ramah terhadap kantong. Kalau mengganti material jok, jangan lupa mengganti bagian doortrim sekaligus ya.

  5. Modifikasi Audio

    Terakhir, Anda bisa menyempurnakan Brio modifikasi elegan dengan mengatur audio supaya menghasilkan kualitas suara lebih baik. Modifikasi audio diperlukan untuk memberikan kenyamanan selama berkendara.

    Ini adalah bagian yang lumayan simple, Anda bisa memulainya dengan menambahkan tweeter, memasang subwoofer aktif serta meningkatkan kualitas peredam untuk menghalau suara-suara bising dari mesin dan ban selama berkendara.

    Pertama, mari kita bahas tweeter terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan Dominations D26CC yang memang secara khusus ada untuk Honda Brio. Tweeter satu ini posisinya terbilang ringkas sebab tidak menghabiskan banyak tempat.

    Posisinya ada pada cover spion bagian dalam. Kerennya lagi, sudah ada cover plastik yang membungkusnya sehingga Anda tidak perlu repot-repot merubah komponen mobil untuk memasangnya.

    Selanjutnya, Anda bisa menambahkan subwoofer aktif milik Dominations Bud. Subwoofer ini lumayan kecil, ukurannya hanya 8 inci saja. Tapi jangan salah, performanya jempolan. Terdapat passive radiator dan amplifier dengan kekuatan 200 W.

    Ini akan sempurna untuk menghasilkan audio dengan bass yang cocok dengan kabin Brio. Terakhir, Anda bisa menambahkan peredam milik Zero Solution, dengan seri Vibrofiltr berukuran 1,8 mm.

    Penggunaan peredam akan meningkatkan kenyamanan Anda selama berkendara. Sebab terhindar dari suara bising yang berasal dari mesin dan juga ban.

    Untuk mendapatkan tampilan maksimal, memang perlu kerja keras serta modal besar untuk melakukan modifikasi Brio. Namun, demi kenyamanan serta memuaskan hobi tentunya biaya dan modal besar tidak jadi masalah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.