Mobil Retro - Old Machine With Young Blood

Articles

Modifikasi Corolla DX (1)

Bagaimana jika Corolla DX di -modifikasi dengan gaya Hot Rod ?

“Hot Rod” adalah salah satu gaya modifikasi yang banyak penggemarnya di amerika serikat.

Ciri khas pada mobil-mobil yang dimodifikasi dengan gaya hot rod adalah hampir selalu menggunakan mobil-mobil produksi amerika dengan mengganti  mesin dengan kapasitas yang lebih besar serta tetap menggunakan  aksesoris orisinal pada bagian interior maupun eksteriornya.

Bagaimana jika pemikiran ini diterapkan pada mobil produksi jepang. Hasilnya adalah seperti Corolla DX (Corolla AE71 ) tahun 1981 ini. Corolla ini termasuk generasi keempat yang dibuat antara  tahun 1979 – 1983. Mobil ini diberi kode chassis yaitu : E70 – E75 (angka terakhir menunjukkan “body style” dan trim).

Pada saat dipasarkan, Corolla seri ini tersedia dalam model : sedan  2-pintu, sedan  4-pintu, station wagon  5-pintu, sport coupe  2-pintu,  liftback 2-pintu  dan hardtop 2-pintu.  Seperti semua kode chasis Toyota, huruf pertama pada kode menunjukkan seri mesin yaitu :

  • AE7x untuk mesin seri 3A atau 4A.
  • CE7x untuk mesin seri  1C.
  • KE7x untuk mesin seri  3K atau 4K.
  • TE7x untuk mesin seri  2T atau 3T.


Salah satu versi corolla ini yaitu KE70 model sedan 4-pintu,  sangat dipuja oleh para penggemar mobil retro di jepang.  Mobil ini mempunyai keistimewaaan yaitu mudahnya melakukan penggantian mesin dengan seri mesin corolla yang lebih baru tanpa banyak melakukan perubahan pada ruang mesinnya.

Mesin pengganti yang paling favorit di pasang di mobil ini adalah mesin dari Corolla seri seri AE86 yaitu mesin seri 4A-GE, termasuk mesin “the twenty-valve AE101 dan  AE111”. Mesin seri 4A-GE ini sangat popular karena mudah sekali di modifikasi dengan aneka jenis parts kompetisi yang juga tersedia melimpah.


Demikian juga dengan corolla AE71 ini, mesinnya telah diganti dengan dengan menggunakan mesin seri “the blacktop AE111 4A-GELU”.

Ini adalah mesin seri terbaru dan terbaik dari mesin seri 4A-GE yang menggunakan 20-valves dan “individual throttle-bodies”. Untuk melayani kekuatan mesin yang dahsyat ini, remnya telah dimodifikasi dengan menggunakan rem dari AE86 GTS termasuk LSD-nya.

Pada bagian Interior, yang aslinya berwarna biru dan telah usang dimakan usia, diganti dengan interior baru yang berwarna hitam.  Pada bagian eksterior, cat aslinya yang berwarna biru telah diganti dengan warna jeruk dan dilengkapi dengan weatherstripping baru. Aneka jenis parts dari Jepang, Filipina, Thailand, Australia, Hong Kong dan dari seluruh dunia terpasang di mobil ini, salah satunya adalah bumper chrome dan spion tanduk JDM.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Artikel Terkait :

 

Sumber : superstreetonline.com.

Mobil Retro Dot Com

Top Desktop version