Mobil Retro - Old Machine With Young Blood

Articles

Daihatsu Taft GT / Daihatsu Rugger

Daihatsu Taft GT adalah salah sebutan dari seri  kendaraan offroad produk Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia. Di Negara lain, mobil ini dipasarkan sebagai Daihatsu Rugger, Daihatsu Rocky atau Daihatsu Fourtrak di Inggris.

Mobil  ini diproduksi pertama kali pada tahun 1984, untuk menggantikan Daihatsu Taft generasi sebelumnya yaitu F10,F20,F50 (di Indonesia dikenal sebagai Taft Kebo) dan berakhir pada tahun 2002. Mobil ini diberi kode produksi sebagai Daihatsu Taft F70.

Daihatsu Rugger adalah nama yang paling umum digunakan di banyak negara. dan diproduksi dengan 2 generasi. Generasi pertama dipasarakan antara tahun 1984 sampai dengan tahun 1992. Daihatsu Rugger dibangun dengan menggunakan 2 jenis rangka yaitu :

1.Short Wheel Base (Rangka Pendek), dengan model :

  • Convertible soft top (kanvas)
  • Removable hard top

2.Extended-wheelbase. Modelnya menggunakan  metal top dan dipasarkan dengan nama Rugger Wagon,dengan kapasitas penumpang dibelakang sebanyak 8 orang.

Sedangkan pilihan mesin yang tersedia adalah :

  • Mesin Bensin TOYOTA 3Y, dengan kapasitas 2.0L dengan  one overhead cam, single carburetor, yang sanggup menghasilkan daya 88 PS (65 kW). Di Jepang, produk ini dipasarkan dengan nama Toyota Blizzard.
  • Mesin Diesel kapasitas 2.8L, overhead valves , normally aspirated (non turbo). Mesin ini sanggup menghasilkan daya 73 PS (54 kW).
  • Mesin Diesel kapasitas 2.8L, overhead valves. Mesin ini sanggup menghasilkan daya  88 PS (65 kW).

Untuk system 4x4-nya, semua model menggunakan Part-time 4WD. Generasi kedua Daihatsu Rugger diperkenalkan pada tahun 1992 dan mulai diekspor ke berbagai Negara tahun berikutnya. Perbedaan paling nyata dengan generasi pertama adalah :

a.Suspensi

Menggunakan suspensi independent pada roda depan (independent front suspension) dan per daun pada roda belakang ( coil sprung rear axle).

b.Mesin;

  • Untuk Mesin Bensin,  kapasitasnya diperbesar menjadi 2.2L, dengan daya 91 PS (67 kW)
  • Untuk Mesin Diesel 2.8 Turbo, ditambahkan perangkat  intercooler yang meningkatkan dayanya menjadi 102 PS (75 kW).

Walaupun telah disempurnakan, banyak kalangan menilai bahwa mobil ini masih terlalu “kasar” karena pada model yang menggunakan Long Wheel Base (rangka panjang), tetap tidak dilengkapi dengan pintu belakang untuk memudahkan keluar masuk penumpang. Namun pihak Daihatsu tidak menanggapi hal ini  dan tetap berkonsentrasi  pada pembuatan mobil-mobil yang berukuran kecil.

Sumber : Wikipedia.org

Mobil Retro Dot Com

Top Desktop version