Mobil Retro - Old Machine With Young Blood

Articles

Daihatsu Taft GT - Keunggulan dan Kelemahan

Taft GT adalah sebutan bagi Daihatsu Taft F70 yang dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1985.  Pada saat ditawarkan pertama kali, Daihatsu tidak hanya menjual Taft GT saja, tetapi juga varian Daihatsu Taft yang lain yaitu Daihatsu F75 Rocky dan Daihatsu Taft  F69 Hiline.

Walaupun Daihatsu Taft generasi kedua ini terkenal karena ketangguhannya, masalah umur kendaraan yang telah cukup lama, membuat mobil ini memiliki beberapa kelemahan.  Ada  4 titik lemah yang yang harus menjadi perhatian para pengguna dan penggemar mobil ini yaitu :

1.Bodi

Material yang digunakan untuk membuat bodinya terlalu tipis (hanya berukuran 0.9 mm), akibatnya bodinya tergolong mudah penyok, mudah terserang karat dan mudah retak/pecah karena getaran mesin dieselnya. Lokasi bodi yang rawan karat antara lain : Areal lantai, terutama pada bagian depan,Areal lisplang dan fender. Permasalah karat ini agak lebih rumit pada Daihatsu Taft GTL Station Wagon. Untuk versi Station Wagon, bagian depan sampai dengan setelan pintu depan, adalah asli bikinan pabrik, sehingga memiliki konsekuensi yang sama dengan F70 ataupun F75. Sedangkan bodi bagian belakang memiliki kasus karat yang berbeda-beda sesuai dengan karoserinya.

2.Rangka

Kelemahan dari rangka Taft generasi kedua adalah pada bagian crossmember depan bagian dalam atau yang menghadap mesin biasanya terserang karat. Bagian lain adalah braket per depan yang menghadap ke dalam, yang juga rentan terhadap serangan karat

3.Mesin

-Mesin Daihatsu Taft Seri DL41. Mesin dengan kapasitas  2.765 cc ini menggunakan timing gear untuk menggerakkan camshaftnya sehingga suara mesinnya kasar. Namun penggunaan timing gear ini justru memudahkan perawatan  dan memiliki umur pakai yang relatif panjang. Mesin ini juga dilengkapi dengan pompa injeksi inline yang terkenal karena mampu menghasilkan torsi yang sangat besar.

-Mesin Daihatsu Taft Seri DL42. Mesin ini memiliki kapasitasnya sama dengan DL41, namun tidak lagi menggunakan timing gear. Sebagai penggantinya,mesin menggunakan timing belt untuk menggerakkan camshaft-nya. Kelebihan dari mesin ini adalah suara mesin yang lebih halus. Selain itu penggunaan  pompa bahan bakar  model rotary, meningkatkan akselarasinya, walaupun torsinya sedikit lebih rendah dibandingkan dengan mesin DL41.

4.Drivetrain

Bagian ini terdiri atas gardan, girboks dan transfercase (bagi Taft 4x4).

-Gardan : Kelemahan utama adalah bagian gardan adalah seringnya muncul suara mengaung akibat keausan gir gardan.Hal ini pun berlaku untuk gardan depan pada Taft 4x4.

-As Roda. Jika as roda sudah waktunya diganti, maka akan terdengar suara kletek-kletek saat roda berputar dan berbelok

-Girboks, permasalahan yang sering muncul pada bagian ini adalah perpindahan gigi terasa berat dan seringkali gigi meloncat sendiri ke posisi netral. Hal ini menandakan ada masalah pada bagian sinkromes.

 

Daftar Artikel Tentang Daihatsu Taft

Sumber :

  • Jip.otomotifnet.com
  • www.kaskus.us

Mobil Retro Dot Com

Top Desktop version