Mobil Retro - Old Machine With Young Blood

Ford M151

M151 adalah salah satu Light Utility Vehicles yang digolongkan pada kelas “ 1/4 ton 4x4 Military Utility Tactical Truck (MUTT)”.

M151 dirancang oleh Ford Motor Company sejak tahun 1951, dibawah panduan dari US Army's Ordnance Truck Automotive Command.

M151 nantinya digunakan  sebagai pengganti dari Jeep M38 dan Jeep M38A1.

Rancang bangun M151 tetap mempertahankan tata letak dasar dari kendaraan pendahulunya (M38), akan tetapi tidak lagi menggunakan bodi baja(steel tub)  yang ditumpangkan (bolted) ke atas chassis (separate steel frame). Sebagai penggantinya, M151 menggunakan  desain monocoque, yaitu box frame yang  terbentuk dari struktur  lembaran baja.

Penggunaan desain baru ini menghilangkan  “separate frame”, sehingga dapat memberikan beberapa kelebihan yaitu :

  • Menambah  “ground clearance
  • Menurunkan “center of gravity
  • Dengan bobot bodi relatip sama, M151 memiliki dimensi ruang kabin yang lebih besar dibandingkan dengan produk Jeep lainnya.

Pembaharuan lainnya adalah penggunaan suspensi independen dengan  pegas spiral (coil spring) , sebagai pengganti suspensi model  “rigid live axle”  yang digunakan pada semua jeep militer. Namun, rigid live axle nantinya tetap digunakan dalam jangka waktu yang lama, bahkan pada Jeep produksi terakhir seperti Jeep CJ dan Wrangler.

Dengan perpaduan suspensi  independen dan pegas spiral, M151 diharapkan akan lebih lincah, meningkatkan daya jelajah (cross-country travel) dan  tetap stabil pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, mobil ini menjadi lebih nyaman untuk dikendarai.

Untuk menjamin kehandalannya, pihak Departemen Pertahanan Amerika Serikat menguji Prototype M151 cukup lama. Baru pada tahun 1959, mobil ini dapat masuk ke jalur produksi di pabrik milik Ford.

Namun ada satu hal penting yang luput dari perhatian Departemen Pertahanan Amerika Serikat, mobil ini tidak pernah dicoba di jalan raya.

Ada banyak kasus kecelakaan yang melibatkan M151, penyebabnya adalah kecenderungan untuk mudah terguling (rollover). Suspensi model independen seringkali dituding sebagai penyebabnya.

Pada kecepatan tinggi dan tanpa muatan, suspensi belakang M151 tidak bekerja dengan sempurna, akhirnya cenderung membuat mobil selip dan terbalik. Untuk mengatasi ini, pengemudi yang telah berpengalaman selalu menyelipkan kotak amunisi yang diisi pasir di bawah jok belakang, sebagai pemberat. Berdasarkan penyelidikan, selain suspensi yang kurang sempurna, faktor  manusia juga cukup berperan utamanya karena ketidaksiapan untuk mengadopsi teknologi baru.

Akibat rekam jejak ini, M151 dianggap sebagai mobil yang tidak memenuhi standar keselamatan jalan raya Federal untuk keperluan sipil. Dan pihak Departemen Pertahanan Amerika Serikat memutuskan untuk tidak menjual M151 kepada kalangan sipil. Kondisi ini tidak pernah terjadi pada produk kendaraan militer lainnya.

Untuk mengurangi resiko, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengambil langkah-langkah perbaikan sebagai berikut :

  • Meminta Ford untuk mendesain ulang suspensi belakangnya. Hasilnya langsung diterapkan pada seri M151 A2.
  • Pihak militer Amerika Serikat melengkapi M151 dengan "Roll Over Protection Structure" (ROPS), yaitu rangka besi yang berfungsi untuk melindungi penumpang depan dan belakang saat terjadi kecelakaan.

Walaupun suspensi telah diperbaiki, Departemen Pertahanan Amerika Serikat masih khawatir dan akhirnya juga tetap membatasi penggunaan M151 untuk umum. Untuk produk M151A2, selain Ford, kontrak produksi juga diberikan kepada Kaiser Jeep dan AM General Corp, tetapi tidak diperkenankan menggunakan grille vertical tujuh slot yang merupakan ciri khas produk Jeep, karena menyalahi hak cipta dan merk Dagang.

Penggunaan secara resmi M151 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dilakukan pada perang Vietnam, perang Korea  dan terus berlanjut hingga tahun 1980, sebelum digantikan dengan Humvee.

Tetapi khusus untuk varian M151 FAV (Fast Attack Vehicle) tetap digunakan oleh Korps Marinir hingga tahun 1999, karena dianggap memiliki fleksibiltas yang tinggi untuk dibawa dengan menggunakan C-130 cargo plane atau  CH-53 heavy transport helicopter, seperti pada perang di Kosovo.

Sebagai kendaraan militer, M151 digunakan oleh lebih dari 100 negara. Hebatnya , selain digunakan oleh  15 negara yang tergabung dalam NATO seperti Kanada , Denmark , Lebanon , Israel , Filipina dan  Inggris, M151 juga diekspor ke negara-negara non-NATO seperti Pakistan.

Sumber : en.wikipedia.org

Mobil Retro Dot Com

Top Desktop version